Tuesday, April 2, 2013

Vespa lx 150 Ngadat Gara-Gara disemutin?

ilustrasi

Saya adalah pengendara Vespa LX 150ie keluaran tahun 2012.  Motornya miriplah ama yang foto ilustrasi di atas hehehe.  Selama setahun pakai motor ini, lumayanlah performanya.  Tapi, banyak juga printilan masalah-masalah yang saya temui seperti :
  • Ga bisa diajak ke jalan-jalan Indonesia yang permukaannya ancur (bukannya sombong ni ya).  Soalnya setiap ketemu ama polisi tidur atau jalanan berlubang bagian bawahnya sering kena, bro.
  • Harus/kudu/wajib memakai BBM yang emisinya Euro 3 yang intinya BBM nya mahal, saya sih pakai pertamax jadi lumayan tekor deh kantong.
  • Aksesorisnya mahal-mahal.  Niatan sih ingin mempercantik tunggangan tapi kantong tidak menyanggupi, soalnya  mahal-mahal bener kayak windshield, karpet, rack, dll.

Nahhh, masuk ke permasalahan saya ni.  Udah beberapa hari ini motor saya nggak bisa dinyalaain tapi belum sempet ke bengkel gara-gara (sok) sibuk ama urusan lain.  Oleh sebab itu, saya telpon aja dealer vespa terdekat terus minta tolong kirim mekanik buat benerin.  Tapi Tuhan berkehendak lain, mekaniknya lagi pada mobile :( tapi mekanik yang di dealer bisa bantu lewat telepon.  Okelah, jadi aja saya dibantu ama Mas Eko dari dealer Vespa.
Pertama, Mas Eko nanya masalahnya apa aja.  Saya bilang deh kalo motor mati total, indikator lampu aja ga nyala. Mas Eko bilang mungkin permasalahan ada di aki motornya soalnya udah lama motor gak dinyalain.  Oke, lanjut deh saya bongkar bagian dalem vespa.

Kap Aki Dibuka
Habis itu saya copot aki nya trus di cek ke tempat setrum aki, apa masih sehat apa udah ga bisa dipake.  Ternyata aki motor saya sudah tidak bisa dipakai lagi sodara-sodaraaaaaa.  Terpaksa langsung berangkat ke bengkel terdekat untuk beli aki.  Btw, aki yang saya pakai itu YUASA YTX7L-BS yang katanya super maintenance free.
YUASA YTX7L-BS

Oke, aki udah beres dipasang. Seneng dong kita, lanjut deh starter motor. JENG JENG JENG... motor masih belom nyala, indikator lampu juga belom nyala sodara-sodaraaa..
Langsung aja saya bulatkan tekad untuk menelpon kembali Mas Eko tercinta hehehehe. Lalu Mas Eko pun berkata," Coba cek sekringnya mungkin putus, mas."  Dan bener aja, sekringnya putus hadeh hadeehh. Dan saya pun terpaksa beli sekring 20 yang putus itu.


Aki motor udah beres, sekringnya beres, pede dong kita orang (tapi ga sepede di awal, capek soalnya beli aki ama sekring). Nyalain lagi dong, dan ternyata ga nyalai lagi. aaaahhhhh capek dah ni, kalo inget-inget lagi jadi males deh ngelanjutin nulis cerita ini hahahaha.  Saya telpon lagi Mas Eko si Penyelamat dong, siapa tau dia bisa memberikan pencerahan. Doi pun bilang mungkin penyebab dari permasalahan yang rumit ini terletak pada relay vespa nya. Disuruh bongkar lagi, katanya posisi relay ada di sebelah kotak aki.  Relay itu ya bisa dibilang sebagai busi nya vespa lx, CMIIW.  "Coba bersihin relay nya, mas," kata Mas Eko.

 Setelah membuka kap yang ada dibelakang, posisi relay itu ada disebelah box aki.  Relay itu yang warnanya coklat genteng seperti yang ada di gambar di atas.  Pas mau saya cabut, jari saya digigit semut ya saya lanjut aja dan ga kepikiran apa-apa. 



 Waktu relay sudah dicabut dan rumah relay dibuka, ternyata banyak banget semut merah yang ngerubungin kumparan relay motor saya. Mungkin relay saya ada gulanya kali ya, apa gara-gara yang punya motor "manis" banget hahahahahaha. Saya bersihin relaynya pake sikat gigi bekas trus pasang semua bagian mesin yang tadi dibongkar ke posisi sedia kala.  Langsung aja di starter lagi (tapi ga sepede percobaan pertama dan kedua) dan akhirnya bisaaaaa hahahahaha.  Sekian aja cerita yang bisa saya share semoga bermanfaat.


25 comments:

  1. Sangat bermanfaat infonya... Ijin share di forum gan :)

    ReplyDelete
  2. berguna banget, thanks a lot

    ReplyDelete
  3. kalau lampu CODE yang kedip" mati kenapa ya gan? ada yang tau..?

    ReplyDelete
  4. kalau ada yang tau.. bisa kirim sms ke 089634366955 secepatnya ya...

    ReplyDelete
  5. Skring sering putus, penyebabnya apa y?

    ReplyDelete
  6. Sama persis kayak pengalaman saya gan..

    ReplyDelete
  7. Sama persis kayak pengalaman saya gan..

    ReplyDelete
  8. Vespa Piaggio vespa s 150 3vie tipe aki sama kah dengan vespa kaya diatas..

    ReplyDelete
  9. Vespa Piaggio vespa s 150 3vie tipe aki sama kah dengan vespa kaya diatas..

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Gan numpang nanya cara buka kotak relay vespa S gimana yaa, ko susah amat + keras pula kalo di tatik

    ReplyDelete
  12. Wkwkwkwkwk, itu semut biasanya nyari yang hangat-hangat tuh. Tapi yaa, nggak di motor juga kali :D

    ReplyDelete
  13. gan minta kontak hape dong , saya sama banget kaya agan , pngen tanya tnya via telepon ,makasi agan manis hahahha

    ReplyDelete
  14. Sangat bermanfaat ni motor saya jg lagi ngambek tiba2 dak nyala...mgkn sekering.mungkin aki mungkin....

    ReplyDelete
  15. Mas boleh minta nomor hpnya mas saya mengalami hal yg sama,tp saya coba copot relaynya nggak bisa lepas,

    ReplyDelete
  16. Sy baru bbrp hari ini jg ngalamin mslh yg sama hanya sy ninggalin kunci nempel semaleman..sy pikir aki nya..tp pas sy cb jumper pk mobil tetep gak bisa..ini sy mau cara yg admin kasih..Thanks sblmnya sangat berguna

    ReplyDelete
  17. Wah baru ngalami hal yg sama.. Punya sy LX 150 2012 saat kunci diposisi on tiba2 indikator ga ada yg nyala & mesin ga bisa hidup saat distarter.
    Kalau penyakitnya aki soak, yg pasti lampu indikator tetap nyala walau redup.
    Sekering jg ga ada masalah masih bagus semua.
    Terakhir copot relay, memang agak susah copotnya perlu goyang2 sampe kendor hahaha.. setelah bisa dilepas, harus buka lagi rumah relay agar bisa cek relaynya kotor atau kumparannya ada yg putus atau ga.. ternyata bersih & ga ada masalah. Ya cuma disikat2 sedikit trus pasang lagi.
    Setelah dipasang semua & posisi kunci on.. alhasil lampu indikator nyala seperti semula & distarter greeeeng..greeeeng...
    ternyata relaynya cuma butuh dielus2 sedikit & motor bisa nyala lagi..
    Tengkyu om..

    ReplyDelete
  18. Sama dengan pengalaman saya, ini vespa juga masih ndongkrok, di garasi.☹

    ReplyDelete
  19. Sama dengan saya,udah 3x dikerubutin semut

    ReplyDelete
  20. Kaki2 relaynya itu sama ga dg relay universal yg sperti merk2 BOSCH atau Hella ..?

    ReplyDelete
  21. Kaki2 relaynya itu sama ga dg relay universal yg sperti merk2 BOSCH atau Hella ..?

    ReplyDelete
  22. How to play Baccarat | Guide - Wilfredo and
    The simplest part about Baccarat is that it is a dealer game that is similar to the other games that worrione you can play in a casino. It 1xbet has หาเงินออนไลน์ a high

    ReplyDelete